Langsung ke konten utama

Kauman, Warga Sekitar Masjid Jami'



Kauman, tentu tak asing dengan kata ini kan. Apalagi di Jawa, konsep pembangunan kota - kota di Jawa ada kemiripan dengan patron konsep kota Yogyakarta. Mungkin karena dulunya merupakan daerah yang berada di dalam kekuasan kerajaan Mataram ini.

Coba perhatikan, rata-rata kota di Jawa mempunyai centrum, kantor pemerintahan, pasar, alun-alun dan masjid. Lalu daerah yang berada di sekitar masjid ini dinamakan kauman dan masyarakatnya pun mendapat julukan warga kauman.

Karena tinggal di sekitar masjid, maka warga kauman dikenal lebih religius dibanding warga lain di luar kauman. Bisa jadi, karena mereka dikenal sebagai pemakmur masjid dengan rutin sholat berjamaah di masjid atau kegiatan keislaman lainnya.

Tidak hanya di kota atau ibukota propinsi dan kabupaten, konsep tata kelola daerah seperti ini juga sampai di kota kecamatan. Jika, disebut daerah kauman pasti akan merujuk pada daerah di sekitar masjid.

Dulu aku begitu iri dengan warga kauman ini. Rasanya beda ya, lebih religius dengan akses ke tempat ibadah yang lebih mudah. Menurutku saat itu, mereka warga elite suatu daerah, bukan karena kekayaan tapi karena religiusitas. Terlebih kesadaran beragama belum sekental sekarang ini, apalagi istilah Islam abangan begitu melekat dan menjadi stigma bagi sebagian masyarakat yang belum berislam secara kaffah. Keren rasanya, jadi warga kauman. Yah itu sekedar pemikiran anak-anak seusia sekolah dasar.

Qodarullah, ketika dewasa dengan pilihan hidup lebih baik, lebih memahami agama secara intens dan menikah dengan semangat keislaman yang tinggi malah punya rumah yang selalu dekat dengan masjid. Namun, di masa kini rumah dekat dengan masjid itu biasa. Karena sekarang ini bangunan masjid ada di mana-mana. Setiap radius tertentu ada masjid yang cukup representatif. Jadi sangat terjangkau, dan mudah bagi kita untuk selalu datang ke masjid sholat berjamaah lima waktu maupun kegiatan keagamaan lainnya.

Dan meski selalu tinggal di dekat masjid, daerah kami tidak bernama kauman. Pertama ya itu tadi, sudah banyak masjid yang dibangun hingga gang sempit sekalipun. Kedua, karena masjid di tempat tinggal kami bukan masjid utama atau masjid jami' sehingga daerah sekitarnya juga tidak bernama kauman. Nama kauman hanya disematkan pada daerah yang dekat dengan masjid jami' yang berdekatan dengan kantor pemerintahan. Ketiga, di luar Jawa istilah kauman kurang populer bahkan tak ada daerah yang bernama kauman. Bahkan saat tinggal di Nunukan, rumah kami pas di depan masjid besar atau masjid jami' tapi istilah kauman tak populer di kota ini.

Meskipun cita-cita menjadi warga kauman tidak tercapai, tapi aku bahagia tinggal di rumah yang dekat masjid. Bahkan, bisa dikatakan masjid menjadi rumah kedua bagi anak-anak karena mereka tumbuh besar di masjid sebagai tempat berkegiatan.

Komentar

  1. Aku pengen banget punya rumah dekat dengan masjid tp blm rizkinya sampai saat ini

    Hanya berusaha, agar anak2 dekat dengan masjid mesti rumahny kami tidak bersebelahan dengan masjid

    BalasHapus
  2. Kami juga nggak sebelahan mbak, agak jauh sih tapi masih dalam komplek dan terjangkau dengan jalan kaki.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keluarga, Tak Sekedar Ikatan Nasab

Gerimis kecil pagi itu tak menghalangiku duduk di boncengan motor pak suami. Meski di kota sedang tidak hujan deras, namun hujan di hulu sana, membuat Sungai Karangmumus meluap sehingga menyebabkan banjir sepanjang daerah aliran sungai itu. Titik terparah ada mulai dari depan Mall Lembuswana sampai Pasar Segiri. Setelah menerobos banjir dan mencari celah genangan yang tidak dalam pada gang-gang kecil sampai juga di kantor pak suami. Malam sebelum pak suami mengirim pesan bahwa pagi ini akan pergi dinas ke Balikpapan. Bak pucuk dicita ulam tiba, langsung aku menyatakan ingin ikut. Bagiku, ke Balikpapan adalah pulang kampung yang sebenarnya. Karena ada banyak " keluarga " di sana. Mengapa ada tanda petik pada kata keluarga? Mau tahu cerita selanjutnya? Oke, dilanjut ya. Keluarga seperti bukan keluarga Jadi sejak pandemi melanda negeri ini, ada dua kota yang begitu kurindukan. Pertama: Bojonegoro Di kota ini aku dilahirkan dan ibuku berada seorang diri tanpa anak kandung di sisi

Sekilas Tentang Sapardi Djoko Damono

"Aku ingin mencintaimu dengan sederhana, dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu." Ada yang ingat puisi karya siapakah ini? Sapardi Djoko Damono. Iya tepat sekali. Petikan puisi di atas adalah salah satu bait puisi yang romantis dan sangat terkenal, bahkan sering dikutip untuk undangan pernikahan, kalender, poster, dan banyak lagi.  Sastrawan yang produktif menghasilkan karya ini, sering mendapatkan penghargaan atas karyanya, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Anugrah Habibie Award XVIII tahun 2016 pada bidang kebudayaan mengukuhkan namanya sebagai sastrawan terdepan masa kini. Pada tahun 2003, mendapat penghargaan Achmad Bakrie sementara Anugrah SEA Write Award yang telah lebih dahulu diraihnya. Biodata Sapardi Nama : Sapardi Djoko Damono Tempat tanggal lahir : Solo, 20 Maret 1940 Pekerjaan : Sastrawan, Guru Besar Tanggal Meninggal : 19 Juli 2020 Istri : Wardiningsih Anak : Rasti Suryandani dan Rizki Hendriko  Sekilas tentang kehi

Sastra dan Pelajaran Favorit di Sekolah

Buku-buku sastra akan jadi bacaan di sekolah, demikian reaksi para pengiat literasi ketika membaca berita bahwa sastra akan masuk kurikulum. Dalam rangka mengimplementasikan kurikulum merdeka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong pemanfaatan sastra sebagai sumber belajar. Hal ini dikemukakan oleh Kepala Standar Badan Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Anindito Aditomo dalam peringatan Hari Buku Nasional 2024. Karya sastra akan menjadi salah satu sumber belajar yang diharapkan dapat meningkatkan minat baca, mendorong berpikir kritis, dan mengasah kreatifitas. Jadi kebayang kan novel-novel sastra jadi bacaan siswa di sekolah. Ikut senang dengar berita ini, meski tak luput dari kritik dan kekurangan sih. Baru-baru ini seorang Budayawan, Nirwan Dewanto membuat surat terbuka yang intinya keberatan dengan buku panduan sastra masuk kurikulum. Termasuk buku puisinya yang dijadikan rujukan, dan masuk daftar bacaan atau buku-buku yang direkomendasi